Atiqah Hasiholan

Atiqah Hasiholan, aktris yang akrab disapa Tika ini, adalah salah seorang artis Indonesia yang saat ini menjadi bintang sabun kecantikan Lux menggantikan Luna Maya. Wanita berdarah Batak dan indo-Arab ini banyak membintangi teater dan film. Yuk kita simak perjalanan biogrfi dan perjalanan karir Atiqah Hasiholan.

Profil Atiqah Hasiholan

Nama asli : Atiqah Hasiholan
Nama panggilan : Atiqah/Tika
Tanggal lahir : 3 Januari 1982
Orang tua : Achmad Fahmy Alhady (Ayah) dan Ratna Sarumpaet (Ibu)
Profesi : Aktris, model.
Twitter : http://twitter.com/atiqahhasiholan

Awal Karir
Atiqah merupakan anak bungsu dari dari pasangan Achmad Fahmy Alhady dan Ratna Sarumpaet. Lahir pada 3 Januari 1982. Pada usia 3 tahun, kedua orang tuanya bercerai. Tika lebih banyak diasuh ibunya.

Sang ibu, Ratna Sarumpaet adalah pemain teater di Satu Merah Panggung dan juga aktivis Hak Asasi Manusia. Di teater ini juga Atiqah belajar seni peran.

Salah satu aktingnya yang menonjol adalah ketika berperan sebagai Jamilah Atiqah dalam pementasan teater Pelacur dan Sang Presiden yang ditulis ibunya.

Atiqah menamatkan studinya dan memperoleh gelar Bachelor of Art dari Monash University, Australia.

Karir di Dunia Film dan Iklan
Tahun 2006 menjadi awal masuknya Atiqah di dunia layar lebar adalah saat ditawari oleh Nia Dinata untuk berperan sebagai Ima dalam film Berbagi Suami. Sejak itu, Atiqah mulai malang melintang di banyak film baik layar lebar maupun film televisi.

Tahun 2007, Atiqah membintangi film Suster N, berperan sebagai Sarah. Tahun berikutnya, Atiqah turut membintangi film Cinta Setaman.

Pada tahun 2009, Atiqah membintangi 3 film yaitu Pintu Terlarang, Jamila dan Sang Presiden, serta Ruma Maida. Film Jamila dan Sang Presiden adalah adaptasi dari teaternya terdahulu, Pelacur dan Sang Presiden.

Tahun 2010 Atiqah kembali membintangi film berjudul Mafia Insyaf. Pada bulan November 2010, Atiqah menjadi bintang sabun Lux menggantikan Luna Maya yang tersandung kasus pornografi. Di tahun 2011, Atiqah tampil di film The Mirror Never Lies dan Arisan! 2.

Penghargaan yang Diperoleh Atiqah
Peran di film Ruma Maida mengantarkan Atiqah sebagai pemenang nominasi Piala Citra sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik di ajang Festival Film Indonesia 2009.

Selain itu, Atiqah juga mendapat predikat “Star of the Year” dari Mellyana’s Guardians karena dinilai berhasil dalam film-filmnya selama satu tahun.

Tahun 2011, kembali Atiqah memegang Piala Citra untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dalam film The Mirror Never Lies di ajang Festival Film Indonesia 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *